Jenis Kayu yang Tidak Di Hinggapi Rayap

Sudah bukan hal yang mengejutkan bahwa rayap sangat menyukai kayu. Rayap memang merupakan serangga jenis hama perusak yang sangat suka sekali dalam mengkonsumsi kayu sebab pada kayu biasanya terdapat zat selulosa yang memang menjadi sumber makanan bagi mereka. Tapi, bukan berarti rayap menyukai semua jenis kaya. Ada beberapa jenis kayu yang tidak mereka sukai, Ada berbagai alasan mengapa mereka tidak menyukainya. Berikut ini kita akan membahas 4 tipe kayu yang tak disukai oleh rayap beserta alasannya :

  1. Kayu Jati

Kayu jati adalah tipe kayu yang diambil dari pohon jati dan sering dikenal sebagai kayu yang kokoh, tahan lama dan yang pasti anti rayap. Dengan segala kelebihannya, membuat banyak orang memilih kayu jati sebagai bahan untuk berbagai tipe furniture maupun produk rumah yang lainnya. Maka dari itu tidak heran jika kayu jati menjadi tipe kayu yang berharga benar-benar mahal.

Sehingga bagi orang yang tak mempunyai cukup dana, mengaplikasikan kayu jati untuk dijadikan sebagai opsi tipe kayu dalam membangun rumahnya sangatlah tak sesuai sebab akan menguras isi dompet. Tapi, bila Anda mempunyai banyak dana, benar-benar direkomendasikan untuk memilih tipe kayu ini sebab bisa anda andalkan untuk menghindari furnitur rumah anda dari serangan rayap.

  1. Kayu Merbau

Kayu merbau atau biasa juga disebut kayu ipil juga diketahui sebagai salah satu tipe kayu yang kuat serta ampuh menghindari hama rayap. Bahkan karena saking terkenal kekuatannya sampai di daerah Papua dan Maluku, kayu ini disebut juga dengan sebutan kayu besi karena kuatnya kayu ini. hal-hal ini lah yang dapat membuktikan bahwa kayu Merbau ini benar-benar kuat dan bisa diandalkan sehingga bisa dijadikan opsi untuk anda yang ingin memiliki furnitur kuat dengan harga yang lebih rendah dari kayu jati.

Kayu merbau mempunyai tekstur dan permukaan yang benar-benar keras sehingga membuat rayap tak kesulitan untuk memakannya. Kayu ini digolongkan ke dalam tipe kayu berat dan kuat serta mempunyai tiingkat penyusutan yang sangat minim, sehingga walaupun kayu ini kita keringkan tak akan terlalu mengambil banyak resiko kayu akan menjadi cacat dan rusak.

  1. Kayu Sengon

Kayu sengon atau biasa disebut juga dengan kayu jeungjing termasuk pada salah satu tipe kayu yang masa pertumbuhannya termasuk paling pesat dibanding dengan tipe kayu yang lainnya. Tinggi kayu ini bisa menempuh hingga mencapai 7 meter tingginya. Walaupun tinggi kayu sengon ternyata termasuk pada tipe kayu ringan, cukup padat, mempunyai serat lurus dan kasar.

Tetapi jangan salah walaupun disebut ringan, kayu ini juga digolongkan pada kayu yang berkelas kuat sebab tak akan mudah diserang oleh rayap tanah. Karena pada kayu sengon terdapat sebuah zat bernama zat ekstraktif zat inilah yang membuat rayap enggan memakan kayu tipe ini. Maka dari itu karena hal ini membuat tipe kayu ini sering kali dipilih untuk menjadi bahan pembuatan furniture rumah. Jika anda ingin memiliki furnitur yang tahan banting, anda bisa memilih yang berbahan dasar kayu sengon.

  1. Kayu Ulin

Kayu Ulin adalah merupakan kayu khas Kalimantan yang diketahui juga dengan kayu bulian atau kayu besi. Kayu yang diambil dari pohon ulin ini mempunyai tekstur yang sangat keras. Tinggi pohon Ulin itu sendiri bisa sampai sekitar 50 meter dan ukuran panjang batangnya bisa mencamapi sekitar 5-20 m. tinggi pohon ini yang melambung tinggi, ukuran diameternya juga benar-benar besar dan bisa menempuh lebih dari 1 meter.

Kayu ini diketahui adalah salah satu tipe kayu yang tahan terhadap serangan hama rayap dikarenakan teksturnya yang kasar dan keras sehingga menyulitkan rayap untuk memakannya. Sehingga kayu ini acap kali digunakan sebagai bahan bangunan, pun bisa digunakan sebagai bahan bangunan untuk lahan basah.

Itulah empat tipe 4 tipe kayu yang tak disukai oleh rayap yang bisa Anda pilih sebagai bahan bangunan. Tapi bila Anda telah terlanjur mengaplikasikan tipe kayu yang mudah dimakan oleh rayap, solusinya adalah dengan metode membasmi serangga perusak ini hingga tuntas.

Untuk jasa pembasmi rayap di jakarta bisa mengunjungi pembasmirayapjakarta.com